STRUKTUR CASE OF ELSE
Struktur CASE-OF…ELSE merupakan pengembangan dari struktur
CASE-OF dan juga merupakan pengembangan dari standar Pascal. Pada
struktur CASE-OF bila tidak ada kondisi yang terpenuhi berarti tidak ada
statemen di dalam lingkungan CASE-OF yang diproses. Dengan struktur
CASE-OF…ELSE, bila tidak ada kondisi yang terpenuhi, maka statemen yang
akan diproses dalam lingkungan CASE-OF adalah statemen yang ada di ELSE.
Contoh program:
uses wincrt;
var
Pilihan:byte;
R,L,T,Luas:real;
Begin
R:=0;
L:=0;
T:=0;
ClrScr;
GotoXY(10,2);Writeln(‘–> PILIHAN < --');
GotoXY(10,4);Writeln('1.Menghitung Luas Lingkaran');
GotoXY(10,6);Writeln('2.Menghitung Luas Segitiga');
GotoXY(10,8);Writeln('3.Menghitung Luas Bujur Sangkar');
GotoXY(10,20);Write('Pilih Nomer(1-3)?');Read(pilihan);
ClrScr;
case Pilihan of
1:Begin
Write ('Jari-jari lingkaran?');Readln(R);
Luas:=Pi*R*R;
Writeln('Luas Lingkaran=',Luas:9:2);
End;
2:Begin
Write('Panjang sisi alas?');Readln(L);
Write('Tinggi Segitiga?');Readln(T);
Luas:=0.5*L*T;
Writeln;
Writeln('Luas segitiga=',Luas:9:2);
End;
3:Begin
write('Panjang bujur sangkar?');Readln(T);
Write('Lebar bujur sangkar?');Readln(L);
Luas:=T*L;
Writeln;
Writeln('Luas bujur sangkar=',Luas:9:2);
End;
Else
Begin
Writeln('Pilihannya hanya 1,2,atau3');
Writeln('Anda tadi pilih nomer berapa?......Sembarangan aja milih!!!!!!!');
End;
End;
End.
Hasil eksekusi program adalah:
-->PILIHAN<–
Menghitung Luas Lingkaran
Menghitung Luas Segitiga
Menghitung Luas Bujur-Sangkar
Pilih Nomer (1-3)? 9
Anda tadi pilih nomer berapa?……Sembarangan aja milih!!!!!!!
Related posts:
uses wincrt;
var
Pilihan:byte;
R,L,T,Luas:real;
Begin
R:=0;
L:=0;
T:=0;
ClrScr;
GotoXY(10,2);Writeln(‘–> PILIHAN < --');
GotoXY(10,4);Writeln('1.Menghitung Luas Lingkaran');
GotoXY(10,6);Writeln('2.Menghitung Luas Segitiga');
GotoXY(10,8);Writeln('3.Menghitung Luas Bujur Sangkar');
GotoXY(10,20);Write('Pilih Nomer(1-3)?');Read(pilihan);
ClrScr;
case Pilihan of
1:Begin
Write ('Jari-jari lingkaran?');Readln(R);
Luas:=Pi*R*R;
Writeln('Luas Lingkaran=',Luas:9:2);
End;
2:Begin
Write('Panjang sisi alas?');Readln(L);
Write('Tinggi Segitiga?');Readln(T);
Luas:=0.5*L*T;
Writeln;
Writeln('Luas segitiga=',Luas:9:2);
End;
3:Begin
write('Panjang bujur sangkar?');Readln(T);
Write('Lebar bujur sangkar?');Readln(L);
Luas:=T*L;
Writeln;
Writeln('Luas bujur sangkar=',Luas:9:2);
End;
Else
Begin
Writeln('Pilihannya hanya 1,2,atau3');
Writeln('Anda tadi pilih nomer berapa?......Sembarangan aja milih!!!!!!!');
End;
End;
End.
Hasil eksekusi program adalah:
-->PILIHAN<–
Menghitung Luas Lingkaran
Menghitung Luas Segitiga
Menghitung Luas Bujur-Sangkar
Pilih Nomer (1-3)? 9
Anda tadi pilih nomer berapa?……Sembarangan aja milih!!!!!!!
Kata Kunci
case of pascal, case of pada pascal, pascal case of, case pascal, program pascal case of, pemakaian case pada pascal, case of dalam pascal, program case of pascal, struktur case, pengertian case of.Related posts:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar