Pengantar Sap
SAP
merupakan software yang banyak dipakai di perusahaan besar untuk
mendukung integrasi proses bisnis. Lima tahun terakhir, di perusahaan
negara-negara Asia, termasuk Indonesia, sedang gencar-gencarnya
mengimplementasikannya. Software buatan Jerman ini telah lama dipakai di
perusahaan besar Eropa dan Amerika.
Seperti diberitakan Detik.com beberapa hari lalu,
tahun ini, SAP juga menyiapkan paket khusus untuk perusahaan level
menengah ke bawah (baca UKM). Dengan penambahan area supporting SAP,
akan menambah pangsa pasar SAP dan juga membuka peluang tenaga kerja
bagi dunia IT.
Di Indonesia, banyak perusahaan besar yang telah
mengimplementasikan SAP, misalnya Astra International, Toyota Astra
Motor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bentoel Prima, United
Tractor, Daihatsu Motor, Pertamina, Aqua, Telkomsel, Auto 2000, Blue
Bird dan masih banyak perusahaan lagi yang tidak mungkin disebutkan satu
persatu. Modul yang diimplementasikan tiap perusahaan pun beragam. Ada
yang hanya memakai untuk keperluan area tertentu seperti Financial
Accounting saja atau Sales and Distributon saja, namun banyak pula yang
mengintegrasikan beberapa modul.
Scope integrasi, harga license tiap user SAP yang
relative mahal, biaya consultan yang lumayan dan tingginya 'kutu
loncat' SDM SAP, menyebabkan tidak semua perusahaan 'berani' memakai
solusi SAP. Bagi Anda yang baru di dunia IT, tentu belum banyak
mengenalnya. Kami sajikan sekilas pengenalan SAP untuk menambah
informasi Anda. Diharapkan setelah membaca materi berikut, Anda dapat
mengetahui apa itu SAP, Modul-Modul dalam SAP, Integrasi SAP dan proses
bisnis yang bisa dilakukan oleh SAP.
Disiplin
Ilmu Komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan
berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya
komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah Alan
Turing dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930-an berhasil memadukan
algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya
dalam sebuah alat atau rule system. Prinsip algoritma yang digunakan
adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya.
Penemu
algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari seorang
yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi
adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup di masa tahun
770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan
Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini. Sedangkan
komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920, dan
disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken
dan Konrad Zuse tahun 1930.
Kemudian
John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada
tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut "von Neumann
machine", dimana program disimpan di memori. Arsitektur komputer inilah
yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang.
Tahun 1960 adalah babak baru dimulainya
formalisasi Ilmu Komputer. Jurusan Ilmu Komputer pada
universitas-universitas mulai marak dibangun. Disiplin ilmu baru ini
kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu Komputer (Computer Science),
Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputing (Computing), atau
Informatika (Informatics).
Definisi
Seiring dengan perkembangan Ilmu Komputer, dewasa ini
banyak sekali peneliti yang mencoba membuat kajian dan melakukan
pendefinisian terhadap Ilmu Komputer. Bagaimanapun juga, dasar Ilmu
Komputer adalah matematika dan engineering (teknik). Matematika
menyumbangkan metode analisa, dan engineering menyumbangkan metode desain pada bidang ini.
CSAB [3] (Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org) membuat definisi menarik tentang Ilmu Komputer:
Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang
berhubungan dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat
teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk
didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:
|
Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang representasi pengatahuan (knowledge representation) dan implementasinya.
|
ataupun definisi
|
Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang abstraksi dan bagaimana mengendalikan kekompleksan.
|
Denning
mendefinisikan Ilmu Komputer dalam makalahnya yang cukup terkenal
tentang disiplin ilmu komputer [1]. Makalah ini adalah laporan akhir
dari proyek dan task force tentang the Core of Computer Science yang
dibentuk oleh dua society ilmiah terbesar bidang komputer, yaitu ACM [4]
(http://acm.org) dan IEEE Computer Society [5] (http://computer.org).
Ilmu Komputer adalah studi sistematik tentang
proses algoritmik yang mengjelaskan dan mentrasformasikan informasi:
baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain, efisiensi,
implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya. Pertanyaan
mendasar berhubungan dengan Ilmu Komputer adalah, "Apa yang bisa
diotomatisasikan secara efisien".
|
Kita bisa simpulkan dari persamaan pemakaian
terminologi dan hakekat makna dalam definisi yang digunakan para
peneliti diatas, bahwa:
Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang
berisi tentang teori, metodologi, desain dan implementasi, berhubungan
dengan komputasi, komputer, dan algoritmanya dalam perspektif perangkat
lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).
|
Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer
Beberapa persepsi yang salah kaprah tentang Ilmu Komputer bisa kita rangkumkan seperti dibawah:
- Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Ilmu Komputer bukanlah ilmu yang hanya mempelajari tentang komputer, seperti juga ilmu astronomi yang bukan ilmu tentang teleskop, atau ilmu biologi adalah juga bukan ilmu yang hanya mempelajari tentang mikroskop. Komputer, teleskop dan mikroskop adalah alat dari ilmu, dan bukan ilmu itu sendiri.
- Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer.
- Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasi-aplikasi komputer.
Referensi
- Peter Denning, et al., "Computing as a Discipline," Communications of ACM, 32, 1 (January), 9-23, 1989.
- Peter Denning, "Computer Science: the Discipline," In Encyclopedia of Computer Science (A. Ralston and D. Hemmendinger, Eds), 1999.
- Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org
- Association for Computing Machinary (ACM), http://acm.org
- IEEE Computer Society (IEEE CS), http://computer.org
Ilmu komputer adalah disiplin ilmu yang melingkupi cabang ilmu yang cukup luas, dari masalah teori-teori dasar sampai teknologi aplikasi. Pengklasifikasian Ilmu Komputer biasanya merefer ke Matriks Dennings, yaitu salah satu matriks penggolongan Ilmu Komputer yang diciptakan oleh Peter J. Dennings [1][2].Klasifikasi ini mengalami beberapa perbaikan, dimana versi terakhir adalah versi tahun 1999 [2][3]. Dalam versi terakhir ini ilmu komputer terbagi dalam 12 subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang). 12 subbidang Ilmu Komputer ini adalah:
Algoritma dan Struktur Data
(Algorithms and Data Structures)Bahasa Pemrograman
(Programming Languages)Arsitektur
(Architecture)Sistem Operasi dan Jaringan
(Operating Systems and Networks)Software Engineering Database dan Sistim Retrieval Informasi
(Database and Information Retrieval Systems)Artificial Intelligence dan Robotik
(Artificial Intelligence and Robotics)Grafik
(Graphics)Human Computer Interaction Ilmu Komputasi
(Computational Sciences)Organizational Informatics BioInformatik
(BioInformatics)
Dennings memberi catatan khusus untuk bidang BioInformatik sebagai bidang baru yang merupakan gabungan antara Ilmu Komputer dan Biologi, dan saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan.Kemudian seiring dengan peningkatan ilmu dan teknologi, ada kemungkinan matriks ini akan mengalami perbaikan lagi di kelak kemudian hari. Baris dalam matriks Denning ini menggambarkan bidang-bidang dalam ilmu komputer. Sedangkan kolom pada matriks menggambarkan paradigma bidang-bidang tersebut, yang direfleksikan dalam tiga hal: Teori (Theory), Abstraksi (Abstraction), dan Desain (Design). - Teori: adalah berlandaskan pada pendekatan matematika, dimana untuk mendapatkan suatu teori yang valid, harus melalui proses-proses sbb:
- pendefinisian (definition)
- pembuatan teorema (theorema)
- pembuktian (proof)
- penginterpretasian hasil (interpret result)
- Abstraksi: atau pemodelan (modeling), adalah berlandaskan pada metode eksperimen ilmiah, dimana dalam melakukan invesitigasi terhadap suatu fenomena, harus melalui proses-proses sbb:
- membentuk hipotesa (form a hypothesis)
- membuat suatu model dan melakukan prediksi (construct a model and make a predition)
- mendesain eksperimen dan mengumpulkan data (design an experiment and collect data)
- menganalisa hasil (analyze hasil)
- Desain: adalah berlandaskan pada pendekatann engineering (teknik), dimana pada saat mendesain sebuah sistem atau device untuk memecahkan masalah, harus melalui proses-proses sbb:
- menyatakan requirement (state requirements),
- menyatakan spesifikasi (state specifications)
- melakukan desain dan implementasi sistem (design and implement the system)
- melakukan pengetesan terhadap sistem (test the system)
Dari penjelasan diatas, bisa kita pahami bahwa yang
bergerak dalam masalah penelitian ilmu komputer akan banyak berhubungan
dengan dua kolom pertama matriks (Teori dan Abstraksi). Sedangkan yang
bergerak dalam masalah yang lebih teknis dengan memakai pendekatan
engineering, akan lebih banyak berkecimpung dalam ruang lingkup dua
kolom terakhir matriks (Abstraksi dan Desain).
Klasifikasi Ilmu Komputer
Rangkumkan lengkap klasifikasi ilmu komputer
berdasarkan Matriks Denning versi 1999 adalah seperti dibawah. Penulis
sengaja melakukan perbaikan, penerjemahan, dan penyingkatan, untuk lebih
mempermudah pemahaman terhadap klasifikasi ilmu komputer ini.
Teori Abstraksi Desain Algoritma dan Struktur Data Teori Komputabilitas Algoritma Paralel dan Terdistribusi Program Aplikasi Teori Komputasi Kompleks Komputasi Paralel Algoritma Efisien dan Optimal Teori Graf Kriptografi Algoritma dan Teori Probabilistik Bahasa Pemrograman Bahasa Formal dan Automata BNF Bahasa Pemrograman Turing Machines Metode Parsing, Compiling, Interpretation Formal Semantics Translator, Kompiler, Interpreter Arsitektur Aljabar Boolean Arsitektur Nueman Produk Hardware (PC, Superkomputer, Mesin Von Neumann) Teori Coding Hardware Reliability Teori Switching Finite State Machine Sistem CAD dan Simulasi Logika Teori Finite State Machine Model Sirkuit, Data Path, Struktur Kontrol Sistem Operasi dan Jaringan Teori Concurrency Manajemen Memori, Job Scheduling Produk OS (UNIX, Windows, Mach, dsb) Teori Scheduling Model Komputer Terdistribusi File dan File Sistem Teori Manajemen Memori Networking (Protokol, Naming, dsb) Pustaka untuk Utilities (Editor, Formatter, Linker, dsb) Software Engineering Teori Reliability Metode Spesifikasi Bahasa Spesifikasi Program Verification and Proof Metode Otomatisasi Pengembangan Program Metodologi Pengembangan Software Temporal Logic Tool Pengembangan Software Tool untuk Pengembangan Software Database dan Sistim Retrieval Informasi Relational Aljabar dan Kalkulus Data Model Teknik Pendesainan Database (Relational, Hierarchical, Network, dsb) Teori Dependency Teori Concurrency Skima Database Teknik Pendesainan Database Sistem (Ingres, Dbase, Oracle, dsb) Performance Analysis Sorting dan Searching Representasi File untu Retrieval Hypertext System Statistical Inference Artificial Intelligence dan Robotik Teori Logika Knowledge Representation Logic Programming (Prolog) Semantik dan Sintatik Model untuk Natural Language Metode Pencarian Heuristic Neural Network Conceptual Dependency Model Reasoning dan Learning Sistem Pakar Kinematics and Dynamics of Robot Motion Model Memori Manusia, Autonomous Learning Teknik Pendesaian Software untuk Logic Programming Grafik Teori Grafik dan Warna Algoritma Komputer Grafik Pustaka untuk Grafik Geometri Dimensi Dua atau Lebih Model untuk Virtual Reality Grafik Standar Teori Chaos Metode Komputer Grafik Image Enhacement System Human Computer Interaction Risk Analysis Pattern Recognition Flight Simulation Cognitive Psychology Sistem CAD Usability Engineering Ilmu Komputasi Number Theory Discrete Approximations, Fast Fourier Transform and Poisson Solvers Pustaka dan Paket untuk Tool Penelitian (Chem, Macsyma, Mathematica, Maple, Reduce, dsb) Binary Representation Backward Error Propagation Teori Quantum Finite Element Models, Organizational Informatics Organizational Science Model dan Simlasi berhubungan dengan organizational informatics Management Information Systems Decision Support Systems Decision Sciences Organizational Dynamics Bioinformatik Teori Komputasi Model Komputasi DNA Kimia Organic Memory Devices Ilmu Biologi Protipe Retina dari Silikon Proyek Database Genom Manusia Medicine Model Database Genom Manusia Analisa Komputer Terhadap Struktur Enzim untuk Kesehatan
ACM Computing Classification System (CCS)
Association
for Computing Machinary (ACM) sebagai asosiasi ilmiah bidang komputer
tertua di dunia juga menyusun sistem klasifikasi untuk bidang komputasi (computing),
yang terkenal dengan sebutan ACM Computing Classification System (CSS).
ACM Computing Classification System terbagi menjadi tiga level, dimana
sistem penyusunannya mirip dengan Dewey Decimal Classification System (DCC)
yang saat ini digunakan sebagai standar penyusunan katalog buku di
perpustakaan-perpustakaan. Sistem Klasifikasi ini terbagi menjadi tiga
besar, berdasarkan tahun dikeluarkannya. Klasifikasi selengkapnya adalah
seperti dibawah.
Referensi
- Peter Denning, et al., "Computing as a Discipline," Communications of ACM, 32, 1 (January), 9-23, 1989.
- Peter Denning, "Computer Science: the Discipline," In Encyclopedia of Computer Science (A. Ralston and D. Hemmendinger, Eds), 1999.
- A. Tucker, Jr. and P. Wegner, "Computer Science and Engineering: the Discipline and Its Impact," In Handbook of Computer Science and Engineering, CRC Press, Chapter 1, 1996.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar. - Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
- Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
- Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
- Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah
komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data pada golongan 2,
3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas
secara lengkap pada tulisan ini.
|
Hampir
seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari
teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk
menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik
manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu
pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis
berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan
lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset
atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact
disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia.
Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang
maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses
penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia
yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Membaca
biografi tokoh, adalah salah satu sistem terapi peningkatan diri. Dalam
beberapa jam, Anda dapat belajar mengenai rahasia sukses tokoh-tokoh
besar, dan menelaah kehidupan yang mereka lalui dalam 60 tahun atau
bahkan lebih, selama hidup mereka. Anda juga akan membaca tentang
keberhasilan dan prestasi. Dan memahami berapa kali para tokoh harus
kalah dan jatuh bangun dalam proses perjalanan menuju kemenangan.
Saat membaca biografi, anda mungkin mendapat
kesimpulan yang mengejutkan tentang betapa banyak kelebihan yang anda
miliki. Anda mungkin akan menyimpulkan, "Hei, saya bisa melakukan hal
ini." Anda bisa membuat hidup anda lebih berarti. Biografi membantu anda
mencari jalan.
Dengan filosofi itulah tulisan "mengenal
tokoh-tokoh ilmu komputer" ini digarap. Tulisan ini menampilkan sejarah
dan biografi tokoh-tokoh yang telah berjasa dalam usaha mengembangkan
Ilmu Komputer dalam berbagai bidang garapan, baik secara teori maupun
implementasi. Daftar tokoh-tokoh kami urutkan secara abjad (nama depan),
untuk mempermudah dalam pencarian. Tulisan ini sedang dalam tahap
pengembangan, dan akan terus bertambah seiring dengan materi baru yang
telah diselesaikan. Proses pembuatan biografi tokoh ini dikerjakan dalam
satu tim penulis IlmuKomputer.Com. Kami akan berusaha mengudapte dan
menambahkan satu tokoh setiap pekan.
Tulisan "Tokoh-Tokoh Ilmu Komputer" ini akan diterbitkan dalam bentuk buku (printed) dalam Serial Cepat Mahir IlmuKomputer.Com.
A
- Adam Osborne
Ada Augusta Lovelace
Alan Turing
Alan C. Kay
Al Khwarizmi
Andy Bechtolsheim
Arthur C. Clarke
B
- Bill Atkinson
Bill Gates
Bjarne Stroustrup
Bob Metcalfe
Bob Taylor
Brian Kernighan
Bruce Schneier
C
-
C. A. R. Hoare
Carly Fiorina
Charles Babbage
Claude Shannon
Christopher Alexander
D
-
Daniel Bricklin
David Packard
David Boggs
Dennis Ritchie
Donald Knuth
Douglas Englebart
E
- Edsgar W. Dijkstra
Erich Gamma
F
G
-
Gary Kildall
Gene Amdahl
Gordon Bell
Grace Murray Hopper
Grady Booch
H
I
-
Ivan Sutherland
Ivar Jacobson
J
-
J. Presper Eckert
Jack Kilby
James Clark
James Gosling
Jay W. Forrester
Jerry Yang
John Backus
John Hennessy
John Kemeny
John V. Atanasoff
John Vlissides
John V. Mauchly
John Warnock
John von Neumann
K
-
Ken Arnold
Kenneth Thompson
Konrad Zuse
L
-
Larry Wall
Leland Stanford
Leonard Kleinrock
Leonardo Chiariglione
Leslie Lamport
Linus Torvalds
M
-
Marc Andreessen
Marcian E. (Ted) Hoff
Martin Hellman
Marvin Minsky
N
-
Nicholas Negroponte
Nolan Bushnell
Norm Abramson
P
-
Paul Baran
Phil Zimmermann
R
-
Ralph Johnson
Richard Feynman
Richard Helm
Richard Stallman
Robert Noyce
S
- Samuel Morse
Severo Ornstein
Seymour Cray
Seymour Papert
Stanley Kubrick
Steven Jobs
T
- Thomas J. Watson, Sr
Thomas Kurtz
Tim Berners-Lee
V
-
Vannevar Bush
Vint Cerf
W
-
Whitfield Diffie
William Hewlett
William (Bill) Joy
William Millard
William Norris
William Shockley
Tidak ada komentar:
Posting Komentar